//3 Hal Kesalahan SEO yang Justru Bakal Tenggelamkan Web
3 Hal Kesalahan SEO yang Justru Bakal Tenggelamkan Web

3 Hal Kesalahan SEO yang Justru Bakal Tenggelamkan Web

Secara garis besar, search engine optimization atau dikenal dengan istilah SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimalkan sebuah artikel atau situs untuk dapat berada di peringkat atas atau setidaknya tercantum di halaman satu dari laman pencari Google atau search engine lainnya. Hanya saja, untuk dapat  merangsek ke halaman depan atau terlebih dapat berada di posisi pertama, bukan satu hal yang mudah, walaupun kamu sudah menggunakan artikel-artikel ber-SEO.

Hal itu dikarenakan ada beberapa kesalahan mendasar dalam bermain SEO yang justru diabaikan karena dianggap remeh. Berikut ini menurut dewapoker88 adalah kesalahan-kesalahan dalam bermain SEO yang dapat membuat artikel terkubur di mesin pencari.

  • Duplikasi

Duplikasi web

Tentunya sangat mudah sekali jika seseorang ingin membuat satu blog ataupun website dengan konten yang isinya adalah hasil copas atau copy paste. Tidak perlu terlalu mikir, tidak keluar uang banyak, hanya butuh sedikit waktu, web atau blog langsung terisi penuh. Hanya saja, justru hal tersebut sangat tidak disukai Google sebagai penjaring web atau blog yang memiliki konten orisinil. Dengan menduplikasi artikel orang lain atau hanya sekadar spin saja, maka Google akan menandainya sebagai aktivitas yang sama dengan pencurian konten.

Google sendiri juga memiliki mesin yang sangat canggih untuk dapat menemukan web atau blog yang menduplikasi konten orang lain. Tidak hanya itu saja, maka para pengunjung yang datang ke web atau blog tersebut akan merasa dirugikan karena awalnya berharap banyak untuk mendapatkan konten yang baru dan berbeda, tetapi ternyata justru sama dengan situs lainnya.

Dikarenakan itu, maka dipastikan jumlah pengunjung juga akan menurun drastis. Selain itu, Google juga tidak akan menempatkan blog atau web tersebut di halaman potensial atau justru membuangnya jauh ke belakang di balik ribuan atau jutaan situs lainnya.

  • Over keyword

Over Keyword

Maksud hati agar mesin pencari dapat langsung melacak dan menandai artikel yang diunggah dalam satu web atau blog, tidak sedikit orang akan menjejalkan banyak keyword ke dalam satu artikel. Bahkan dalam satu paragraf saja, ada lebih dari 2 keyword harus digunakan terus menerus.

Memang secara logika, hal tersebut dapat dengan mudah ‘menarik perhatian’ mesin pencari untuk mengindex situs yang bersangkutan. Namun ternyata justru hal tersebut sangat tidak disarankan karena justru dapat membenamkan situs atau blog yang bersangkutan ke halaman ke sekian dari daftar halaman di suatu mesin pencari.

Cara ini mungkin cukup efektif dilakukan beberapa tahun lalu, namun sekarang justru sudah tidak lagi banyak dipakai oleh para blogger atau pemilik suatu website. Dalam sebuah aturan yang tercantum dalam Search Engine Journal, selain dibutuhkan sebuah artikel yang tertata rapi dari segi sisi bahasa dan kaidah serta Google-friendly, agar mesin pencari dapat mengendus dengan cepat maka artikel yang bersangkutan wajib memiliki keseimbangan dalam setiap katanya dengan setiap keyword yang dipasang. Jika terlalu banyak, maka justru tidak memiliki kegunaan maksimal.

  • Pengalihan link

Pengalihan Link

Akan menjadi satu hal yang sangat mengecewakan sekaligus menjengkelkan ketika sedang ingin membaca atau mengetahui informasi di suatu situs, ternyata justru harus dilemparkan ke sana ke mari alias sang pemilik website atau blog sengaja mengalihkan link ketikaseseorang mengunjungi situsnya dan menekan salah satu tautan yang ada di dalamnya.

Menurut aturan pada Google, hal tersebut sangat tidak diperbolehkan. Oleh karenanya, mesin-mesin pencari besar seperti Google, Bing sampai dengan Yahoo! Pun akan melemparkan situs atau blog-blog seperti ini ke luar dari 10 besar halaman yang ada di mesin pencari mereka.

SHARE US :