//4 Dasar Penulisan Artikel SEO yang Bagus dan Benar
4 Dasar Penulisan Artikel SEO yang Bagus dan Benar

4 Dasar Penulisan Artikel SEO yang Bagus dan Benar

Ada kalanya bagi seorang SEO pemula namun yang sudah merasa jago, maka akan menganggap bahwa pekerjaan menulis adalah sesuatu yang sangat remeh atau mudah dikerjakan, akan tetapi hal tersebut tidaklah benar karena memang pada dasarnya semua orang mampu menulis, namun tidak semuanya dapat menjadi seorang penulis.

Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah artikel yang tidak hanya memiliki kualitas akan sisi SEO nya saja, namun juga bagus dalam penilaian berdasarkan kaidah penulisan yang benar, tidak menurut mesin pencari saja, melainkan juga menurut penilaian para pembaca pokerace99.

Nah, berikut ini adalah tips-tips mudah untuk dapat menulis artikel SEO yang bagus tanpa mengesampingkan tata cara penulisan yang benar.

  • Penggunaan kata kunci di judul

Penggunaan kata kunci di judul

Bagi kamu yang memang ingin bersaing dengan para pemilik blog atau website lain agar dapat mejeng di halaman pertama dan memenangkan persaingan di search engine results pages atau SERP, maka menggunakan kata kunci atau keyword pada judul adalah yang sangat disarankan.

Hal tersebut dikarenakan ketika mesin Google atau mesin pencari lainnya mulai mencari dan mengelompokkan artikel untuk dapat diangkut ke tempat yang semestinya sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan, maka hal pertama yang akan dilakukan adalah mencari keyword yang ada di judul sebagai elemen pertama dalam penentuan sebuah topik.

Walaupun dapat dikatakan sangat canggih, namun mesin pencari tidak memiliki kemampuan untuk dapat menebak isi dari sebuah artikel. Oleh karenanya, menempatkan keyword, terlebih di awal, pada judul akan lebih mudah terindex daripada yang murni sebagai judul saja.

  • Judul yang klik-able

Terkadang banyak judul yang terlalu bertele-tele dan panjang, namun justru tidak menarik untuk dipandang dan mengundang klik. Oleh karenanya, disarankan untuk membuat judul yang sangat klik-able. Dalam artian bahwa judul yang klik-able itu adalah yang sangat eye-catching dan langsung membuat pembaca penasaran untuk mengakses artikel secara keseluruhan.

Judul yang klik-able

Akan tetapi, terkadang jika ingin memaksakan menggunakan judul yang menarik atau juga memaksakan penggunaan judul yang mengandung SEO, tidak jarang akan berakhir dengan baik atau tepat. Kebanyakan justru akan membuat judul tersebut berantakan dan terlalu panjang jadinya. Oleh karenanya, dengan menggunakan All in One SEO pack, maka kamu dapat memiliki 2 judul untuk satu artikel yang mana keduanya ditujukan berbeda untuk search engine dan para pembaca.

  • Kualitas artikel

Kualitas artikel

Memang ada anggapan yang masih banyak dipercayai oleh berbagai kalangan, yaitu semakin panjang artikel, maka semakin baik dan juga dapat terindex cepat oleh mesin pencari. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar karena pada dasarnya, baik panjang atau pendek suatu artikel, namun jika dituliskan dengan baik dan keyword yang disisipkan juga tepat, maka mesin pencari akan lebih mudah mengindexnya.

Menjadi satu kesia-siaan belaka jika kamu menulis artikel dengan panjang lebar, akan tetapi kosong dalam isinya dan difungsikan hanya untuk memenuhi kuota dari pemasangan keyword atau target SEO saja, maka justru hal tersebut tidak efektif. Terlebih lagi, banyak pembaca akan langsung keluar dari halaman artikel tersebut karena merasa membosankan, tidak nyambung dan buang-buang waktu jika harus membacanya sampai tuntas.

  • Jangan terjebak keyword density

Ada kalanya, khususnya bagi pengguna wordpress yang memasang plugin Yoast di dalamnya, rata-rata untuk dapat membuat satu artikel memiliki nilai sempurna, maka harus mempertimbangkan masalah keyword density. Walaupun memang benar dan bagus jika mempertimbangkan masalah keyword density, akan tetapi jangan sampai terjebak olehnya.

Jangan terjebak keyword density

Hal itu dikarenakan sekarang ini Google pada khususnya sudah memiliki cara atau mesin yang lebih pintar daripada Google Panda sebelumnya untuk menemukan, mendeteksi, menganalisis dan menilai kualitas dari sebuah artikel. Maka jangan terlalu dipusingkan akan masalah keyword density pada sebuah artikel. Bahkan jika terlalu banyak persentasenya, maka juga dianggang sebagai keyword stuffing article.

SHARE US :