//Cara Melakukan Optimasi SEO On Page WordPress

Cara Melakukan Optimasi SEO On Page WordPress

Ada banyak sekali artikel di internet tentang cara optimasi SEO on page pada blog ataupun website. Sebenarnya apa yang disebut dengan SEO on page sendiri tidak banyak yang paham dengan istilah ini. SEO on page merupakan salah satu indikator awal bagi mesin pencari untuk melakukan rangking pada situs yang akan mesin pencari tampilkan pada halaman pencarian. Apabila menggunakan SEO on page yang bagus, maka situs tersebut telah melewati setengah jalan untuk masuk kedalam halaman pertama dalam hasil mesin pencari. Walaupun SEO on page mampu membantu sebuah situs, tetap saja konten dari artikel merupakan yang paling utama.

SEO on Page hanya membantu agar konten tersebut dapat menduduki posisi yang tinggi. Sebuah artikel tidak hanya berupa tulisan yang dibuat secara asal-asalan, namun harus bisa menjawab pertanyaan dari orang-orang yang memasukkan kata kunci pada mesin pencari. Apabila konten artikel sudah memiliki kualitas yang baik, nantinya yang perlu dilakukan adalah melakukan optimasi pada artikel tersebut agar memiliki kata kunci yang banyak digunakan oleh orang-orang dengan tepat. Itulah yang disebut dengan optimasi SEO on page. Apabila artikel sudah berkualitas, untuk melakukan optimasi SEO on page tentunya akan lebih mudah.

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk mengoptimasi SEO on page pada WordPress!

– Yang pertama adalah anda harus memiliki kata kunci yang akan anda gunakan pada konten dan juga variasi dari kata kunci tersebut.

– Lalu anda bisa membuat judul artikel yang mengandung kata kunci tersebut. Dalam membuat judul, anda harus bisa membuat judul semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian orang-orang. Tidak ada salahnya untuk menggunakan judul click bait pada artikel anda. Namun harus anda pastikan bahwa konten artikel harus sesuai dengan judul yang anda berikan.

– Kemudian gunakan URL yang memiliki kata kunci taget, dengan begitu akan lebih mudah untuk bisa masuk ke dalam halaman pertama mesin pencari.

on page seo

Langkah selanjutnya adalah menempatkan kata kunci utama pada paragraf pertama, dan lebih baik lagi apabila bisa memasukkan kata kunci pada kalimat pertama di paragraf pertama. Anda bisa membuat kata kunci tersebut dengan tulisan yang tebal, miring atau diberi garis bawah untuk lebih menonjolkan kata kunci target.

– Kemudian anda bisa menggunakan sub-judul pada artikel, dan tentunya sub judul tersebut mengandung kata kunci yang sudah ditargetkan.

– Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci pada akhir paragraf dalam kata-kata penutup.

Langkah berikutnya adalah melakukan optimasi SEO on page menggunakan plugin. Anda bisa menggunakan plugin apapun, misalnya plugin AIO SEO Pack atau Yoast SEO.

– Selanjutnya menambahkan tag terkait artikel anda. Pastikan tag yang anda tulis mengandung kata kunci. Anda bisa membuat 2 hingga 5 tag untuk satu artikel.

РAgar lebih menarik, anda  bisa menambahkan gambar, selain untuk memberikan visual agar memudahkan pembaca dalam memahami artikel, gambar juga membantu membuat artikel menjadi lebih menarik.

Selain melakukan optimasi SEO on page seperti langkah-langkah di atas, anda juga menambahkan internal linking pada artikel anda, menambah outbond link ke situ-situs lainnya dan juga video dari Youtube untuk membuat artikel menjadi lebih menarik. Tapi ingat, yang paling penting adalah bukan semua langkah di atas. Yang menjadi faktor utama tetaplah konten dari artikel itu sendiri.

Baca juga : Cara Meningkatkan Traffic Blog Pada WordPress !

SHARE US :