//Kenal Lebih Dekat Tentang SEO Sebagai Modal Jadi Web Blogger
Kenal Lebih Dekat Tentang SEO Sebagai Modal Jadi Web Blogger

Kenal Lebih Dekat Tentang SEO Sebagai Modal Jadi Web Blogger

SEO atau Search Engine Optimization. Jika anda baru mempelajari tentang SEO, saat ini anda sedang membaca artikel yang tepat. Di sini anda akan menemukan berbagai informasi terkait SEO yang akan bermanfaat untuk anda. SEO ecara pengertian mungkin sudah tidak perlu dibahas lagi. Karena jika anda sudah sampai pada artikel ini, mugkin anda sudah memahami tentang SEO tersebut secara mendasar. Tetapi pada intinya, SEO merupakan sebuah usaha yang dapat dilakukan oleh web blogger untuk meningkatkan posisinya pada hasil pencari organik alias mesin pencari gratisan.

Dalam mengenali dunia SEO, sebelumnya anda harus terlebih dahulu mengerti beberapa hal yang biasa berkatan dengan kegiatan terebut. Karena dengan memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan SEO, tentu akan lebih mempermudah anda dalam melakukan optimizing web blog yang anda miliki dengan bantuan pemahaman yang tepat tersebut. Pada dasarnya, penggunaan SEO bertujuan untuk meningkatkan posisi di pencarian.

Maka beberapa komponen yang terlibat di dalam kegiatan pencarian oleh pengguna tentunya harus anda pahami terlebih dahulu. Beberapa hal yang harus anda ketahui antara lain adalah sebagai beikut:

KW atau Kata Kunci

KW atau Kata Kunci

Kata kunci atau keyword (KW) merupakan segala susunan kata yang ditulis oleh pengguna mesin pencari online seperti google atau yahoo, yang nantinya susunan kata tersebut akan dicarikan kesesuaiannya dengan database seluruh website di dunia yang memiliki susunan kata yang paling mirip atau sesuai. Dalam optimalisasi mesin pencari, web blogger akan membuat daftar kata kunci yang paling sering dicari oleh para pengguna mesin pencari tersebut. Semakin tepat kata kunci yang disiapkan, maka kemungkinan akan berada di halaman awal pencarian akan semakin tinggi.

SERP

SERP

Search Engine Result Page atau biasa disebut dengan istilah singkatannya SERP merupakan halaman yang menghadirkan hasil pencarian dari database yang telah dimuat berdasarkan kesesuaian konten di dalamnya dengan keyword yang ditulis oleh pengguna. Di dalam SERP akan terdapat  jenis hasil. Biasanya di sisi teratas merupakan hasil pencarian berdasarkan advertising atau website non-organik atau non-SEO, di mana akan terlihat tanda di tiap hasil tersebut bertuliskan Iklan, Ads, dan lain sejenisnya. Di bawah hasil pencarian non-SEO, biasanya akan ditemukan hasil pencarian organik alias non advertising. Website seperti itulah yang memanfaatkan SEO dalam pengembangan websitenya.

Pada bagian SERP dapat diketahui bahwa biasanya posisi pertama dari hasil pencarian selalu menjadi tujuan utama dari para pengunjung. Tentu saja hal ini akan menyebabkan semakin berada pada posisi atas sebuah website dalam listing, maka tentu saja dapat dipastikan pengunjung yang memasuki situs tersebut akan semakin banyak. Biasanya posisi klik terbanyak akan ditempati oleh hasil pencarian pertama dan kedua.

Sedangkan posisi berikutnya akan lebih sedikit dibanding posisi pertama dan kedua. Terlebih pada setengah halaman akhir dari SERP di mana pengguna harus melakukan scrolling untuk melihatnya, tentu saja jumlah klik yang didapat akan lebih sedikit. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat click heatmap yang banyak memberikan gambaran hasil analisa tersebut.

Dalam click heatmap ini akan terlihat bahwa situs yang terdapat pada sisi atas daftar hasil pencarian akan memiliki warna merah yang berarti banyak klik yang terjadi di dua hasil teratas tersebut. Sedangkan jumlah klik yang lebih sedikit akan diwarnai dengan warna orange, kuning, hijau, biru, hingga hitam. Anda dapat mengakses SERP click heatmap ini untuk mempermudah proses SEO-ing website anda. Semoga bermanfaat.

SHARE US :