//Mengapa Banyak Yang Pilih WordPress Untuk Blogging?
mengapa wordpress untuk blogging

Mengapa Banyak Yang Pilih WordPress Untuk Blogging?

mengapa harus wordpress
Platform blogging yang umum digunakan ialah WordPress serta Blogger atau Blogspot. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Walau demikian, rupanya pengguna WordPress ternyata lebih banyak dan platform satu ini terbilang lebih difavoritkan. Hal ini tak terlepas dari berbagai kelebihan WordPress. Walau demikian, keduanya juga terus berlomba dalam memperbarui fitur serta performa, baik dari segi kualitas hingga tampilan yang akan membantu penggunanya dalam memanfaatkan platform tersebut. Jika kita belum pernah menggunakan salah satu dari WordPress serta Blogger, kita takkan dapat menentukan mana yang lebih baik. Untuk WordPress sendiri terbagi dua bagian, yaitu WordPress.com serta WordPress.org (CMS) yang dihosting sendiri serta menggunakan aneka fasilitas berbeda serta dapat kita sewa dari jasa penyedia hosting. Dari kedua jenis tersebut, yang lebih populer adalah WordPress.org terutama di Indonesia. Penggunaan CMS dari WordPress.org akan membuat kita harus menyiapkan nama domain serta menyewa jasa hosting guna install CMS WordPress pada hosting tersebut. Ini membuat status blog WordPress menjadi WordPress self hosting.

Banyak kelebihan yang bisa didapat dari penggunaan WordPress sekaligus menjadikannya banyak dipilih oleh para Blogger. Kita akan bebas menggunakan nama blog dengan cara memesan nama domain yang ada. Kita juga akan memiliki kontrol serta akses penuh terhadap blog yang dimiliki. Kelebihan lain adalah kita takkan terikat peraturan WordPress serta bebas menggunakan aneka theme. Kebebasan dalam memasang plugin sesuai keinginan juga bisa didapatkan. Blog kita juga dapat dipasang aneka iklan, termasuk di antaranya Google Adsense. Pengaturan SEO akan dipermudah berkat adanya plugins. Yang tak kalah mengasyikkan ialah navigasi serta widget yang dibuat lebih mudah menggunakan plugins. Jika kita hendak membuat toko online atau e-commerce, maka pemakaian WordPress ini akan lebih fleksibel. Tampilan WordPress juga terlihat lebih profesional. Selain itu, banyak terdapat pula pengembang serta desainer blog khusus untuk platform WordPress. Di samping semua kelebihan di atas, platform WordPress ternyata juga memiliki kelemahannya sendiri. Mengetahui apa saja kelemahan WordPress akan turut menjadi bahan pertimbangan kita sebelum mulai memanfaatkan platform satu ini untuk kegiatan blogging. Penggunaan platform WordPress juga tak lepas dari beberapa kekurangan. Di antaranya ialah kita harus menyediakan dana guna membeli domain maupun sewa hosting.

Kekurangan lain dalam penggunaan WordPress.org ataupun WordPress self hosting ialah masalah server ataupun gangguan yang kerap terjadi dari pihak hosting. Sementara dari segi keamanan, platform WordPress terbilang rentan akan serangan hacker. Penggunaan WordPress juga terbilang sulit dipahami oleh pemula. Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan dari WordPress di atas, kita akan dapat semakin mantap memutuskan apakah hendak menggunakan platform WordPress atau Blogger untuk kebutuhan blogging. Selain itu, kita juga akan memahami mengapa WordPress menjadi platform blogging andalan, yang tak lain adalah karena beragam kemudahan yang ditawarkannya. Pemilihan platform blogging ini sendiri akan disesuaikan pada kebutuhan kita masing-masing dalam kegiatan blogging nantinya. Jika kita ingin ngeblog hanya sekedar sebagai dokumentasi personal, maka pilihlah platform yang terbilang sederhana serta mudah dipahami. Namun jika tujuan blogging adalah untuk hal yang lebih profesional, seperti membuka toko online, maka pilih blog WordPress self hosting dan siapkan sedikit lebih banyak dana. Blog juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat mendapat uang tambahan asal dikelola secara benar dan tentunya serius.

Bingung dalam pemilihan tema? Langsung baca artikel nya disini Ingin mendapatkan uang dari website yang kamu bangun? Simak artikel kami mengenai moneysite disini <<

SHARE US :