//Perlukah Konten Original Untuk Blog? Simak Ulasan Berikut Ini
konten original blog

Perlukah Konten Original Untuk Blog? Simak Ulasan Berikut Ini

konten blog
Membuat konten
atau artikel untuk blog merupakan hal yang tidak akan terlewatkan ketika blogging. Banyak orang yang berkata bahwa unggulnya suatu blog adalah dilihat dari konten-konten yang diunggah ke dalam blog tersebut. Selain itu, sering dan tidaknya mengunggah postingan juga merupakan salah satu indikator  penilaian dari suatu blog. Namun, apakah ketika mengunggah konten ke dalam blog memiliki aturan tertentu? Apakah bisa dengan mengambil konten milik orang lain dan kemudian diunggah ke dalam blog sendiri? Ternyata, konten original sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dalam blogging. Google pun bisa mendeteksi adanya plagiarisme dari satu konten dengan konten yang lain.

Ada beberapa keuntungan jika mengunggah konten original ke dalam blog, dan justru ada pula kerugian jika tidak menjaga originalitas dari sebuah blog. Keuntungan yang pertama adalah ketika mengunggah konten original ke dalam blog, maka tidak akan ada rasa was-was ketika blogging dan akan merasakan kesenangan tersendiri dan berhasil memberikan bacaan berbeda dan bermanfaat kepada pembaca. Selain itu, konten original merupakan hal yang dicari-cari dari para visitor karena mereka akan mudah mengerti mana konten yang sama persis dengan konten lain yang mereka kunjungi. Secara tidak langsung, mengunggah konten original akan meningkatkan apresiasi pengunjung dan statistika pengunjung pun akan naik dengan sendirinya. Di samping itu, google pun akan menampilkan konten original yang berkualitas tinggi pada pengoptimalan pencariannya, dan konten original lah yang akan muncul di deretan baris pertama pada kolom search. Dengan mengunggah konten original ketika blogging, maka akan membesarkan peluang untuk mendapat kerjasama dengan web atau blog lain yang sudah populer. Sudah bukan rahasia lagi bahwa rata-rata pemilik web atau blog populer kerap meilirik blog lain yang berkualitas untuk diajak bekerja sama, dan tentunya salah satu tolak ukur mereka adalah tingkat keaslian konten yang diunggah.

konten originalSelain memiliki keuntungan di atas ketika mengunggah konten original, ada beberapa kerugian yang akan diterima bila tidak menjaga keaslian konten ketika blogging, salah satunya adalah pada search engine. Search engine terkemuka seperti google tentunya tidak akan merekomendasikan blog yang tidak berkualitas karena tidak mengunggah konten yang original kepada pembaca, dan otomatis blog tersebut akan berada di kolom pencarian pada barisan bawah sehingga tidak mudah dilihat oleh para pembaca. Kedua, dengan mengunggah postingan yang tidak original justru akan meningkatkkan rating pada website tempat konten tersebut berasal, karena google akan meningkatkan rekomendasi pada website tempat asal konten tersebut. Ketiga, dari sisi pembaca sendiri, mereka tidak akan menjadikan blog yang mengunggah konten tidak original sebagai blog rekomendasi untuk mereka pilih ketika berada dalam kolom pencarian, hal ini akan menurunkan tingkat pengunjung pada blog yang mengunggah konten tidak original. Terakhir adalah dengan mengunggah konten yang tidak original, penulis blog tidak akan terlatih untuk menulis konten sendiri dan akan terus-menerus bergantung pada konten orang lain, sehingga akan menghambat untuk berkembang.

Dengan beberapa hal di atas, sudah dapat dinilai bahwa penting sekali untuk menjaga tingkat keaslian konten dalam blogging. Semakin sering mengunggah konten yang original, maka akan semakin meningkat pula rating yang diberikan google maupun rating dari pembaca dan pengunjung. Dengan mengunggah konten original, blogging pun akan semakin sukses dan bermanfaat bagi pembaca. Baca konten kami yang lainnya, terutama mengenai Platform Gratis untuk Blogging.

SHARE US :